Amsterdam, Kota Yang Terkenal Sebagai Venezia Dari Utara

Amsterdam, Kota Yang Terkenal Sebagai Venezia Dari Utara


Amsterdam, kota yang terkenal sebagai Venezia Dari Utara (Venice of The North) ini memang tidak kalah mengagumkan dari Venezia. Di ibukota Nederland ini memang terdapat banyak sekali kanal berbagai ukuran, karenanya Amsterdam juga dikenal sebagai The City of Canals atau Kota Kanal. Kota Amsterdam terletak di kawasan barat Nederland, tepatnya di provinsi North Holland. Uniknya, ibukota provinsi ini bukanlah Amsterdam, melainkan Haarlem. Amsterdam merupakan salah satu kota yang letaknya paling rendah di dunia, kota kanal ini berada pada ketinggian sekitar 2 m di bawah permukaan laut. Kota seluas 219, 32 km² ini dibangun di kawasan lahan gambut yang disebut Amestelle, artinya daerah berair atau tepian sungai.


Kota Amsterdam


Nama Kota Amsterdam berasal dari nama bendungan Amstel, dimana kota ini dibangun. Kota Amsterdam dibangun dengan cara membendung Sungai Amstel untuk mencegah banjir. Di atas lahan bendungan inilah berdiri pemukiman kecil yang nantinya menjadi sebuah kota besar yang kini dikenal sebagai Amsterdam. Kota Amsterdam bukan berupa daratan luas, melainkan terdiri atas sekitar 90 pulau - pulau kecil. Ada lebih dari 1.200 jembatan yang dibangun untuk menghubungkan pulau - pulau yang membentuk kota Amsterdam. Pulau - pulau ini dipisahkan oleh kanal - kanal yang sebagian besar dapat dilayari. Total panjang keseluruhan kanal yang mengalir di kota Amsterdam mencapai lebih dari 100 km. Itu sebabnya kota Amsterdam terkenal sebagai 'Venezia Dari Utara'.


Amsterdam, Kota Kanal


Amsterdam memang secara resmi dinyatakan sebagai ibukota Nederland berdasarkan konstitusi tahun 1983, namun uniknya, pusat pemerintahan justeru tidak berada di Amsterdam, melainkan di Den Haag. Amsterdam merupakan ibukota keuangan dan bisnis Nederland. Sebagian besar bank dan perusahaan - perusahaan besar berbasis di kota ini. Bahkan, banyak perusahaan internasional yang berkantor di kota ini. Selain pusat keuangan dan bisnis, Amsterdam juga menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Eropa. Belasan juta turis dari berbagai negara mengunjungi kota cantik ini setiap tahun.


Salah satu jembatan Di Kota Amsterdam

Dalam survey yang dilakukan oleh Economist Intelligence Unit kota Amsterdam sempat menduduki peringkat kedua sebagai kota terbaik untuk ditinggali. Kota terpadat di Nederland ini juga dianggap sebagai kota paling multikultural di dunia, karena para penduduknya yang berasal dari berbagai bangsa dan negara. Kota Nederland dikenal sebagai kota yang ramah bagi para pendatang. Para penduduk Kota Budaya ini diperkirakan berasal dari 180 negara yang berbeda.


Amsterdam

Amsterdam, The City of Canals


• Groningen, The Cycling City (Kota Bersepeda)


• Kota Air Venezia

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.