Jabuka Island, Pulau Dengan Kekuatan Magnetik Misterius

Jabuka Island, Pulau Dengan Kekuatan Magnetik Misterius


 Pernah mendengar tentang sebuah pulau misterius dimana kompas menjadi kacau dan peralatan elektronik tidak berfungsi? Pulau inilah yang dikenal sebagai Jabuka Island (Pulau Jabuka) yang artinya Pulau Apel dalam bahasa Croatia. Sebuah pulau dengan kekuatan magnetik misterius yang dapat mengacaukankan sistem naviagasi dan menimbulkan bahaya besar bagi kapal - kapal yang mengarungi lautan luas. Pulau vulkanik tak berpenghuni ini terletak di Laut Adriatic.


Jabuka Island, salah satu dari Segitiga Vulkanik Adriatic


Jabuka Island bersama - sama dengan Brusnik Island dan Svetac Island, telah membentuk membentuk apa yang disebut Segitiga Vulkanik Adriatik (Adriatic Volcanic Triangle) yang terkenal. Ketiga pulau vulkanik ini bersama dengan pulau lain disekitarnya terbentuk dari letusan magma purba, akibat pecahnya benua super Pangea, lebih dari 200 juta tahun yang lalu. Pulau yang berada di wilayah Croatia ini merupakan pulau terjauh dari daratan Croatia. Pada tahun 1958 Jabuka Island dinyatakan sebagai monumen alam geologis.


Jabuka Island, Croatia


Jabuka Island diperkirakan telah berusia 226 juta tahun. Pulau seluas 22.585 m² ini terdiri atas tebing bebatuan yang sangat curam, setinggi lebih dari 97 m yang kaya akan besi sehingga memiliki kekuatan magnetic tinggi. Berbeda dengan pulau kebanyakan, tidak ada bagian pulau yang bisa dijadikan tempat mendaratkan kapal ataupun perahu. Jabuka Island tidak memiliki teluk, karenanya tidak ada pantai yang landai seperti pulau pada umumnya. Satu - satunya kawasan yang relatif dapat diakses dari Jabuka Island hanyalah di bagian barat daya, itupun berupa tebing curam.


Jabuka Island


Fenomena paling menarik dari Jabuka Island adalah daya magnetiknya yang sangat kuat sehingga dapat mengacaukan arah kompas dari kapal - kapal yang berlayar didekatnya. Hal ini mengakibatkan kapal - kapal tersebut kehilangan arah, karena kacaunya kompas yang menjadi penunjuk arah kapal berlayar. Gangguan magnetik ini benar - benar membingungkan para ilmuwan, karena pengaruh magnetik misterius ini masih terasa hingga sejauh 20 km.


Meski penyebab pasti anomali magnetik ini belum diketahui, namun, adanya oksida besi alami yang terkonsentrasi dalam formasi batuan di Pulau Jabuka diduga bertanggung jawab atas pengaruh magnetik yang terjadi. Fenomena aneh ini bahkan membuat Jabuka Island terkenal dengan julukan 'Pulau Setan' dikalangan para pelaut. Banyak cerita menakutkan yang berkaitan dengan pengaruh medan magnet Jabuka Island, seperti kompas yang berputar tidak terkendali hal mana pada akhirnya menyebabkan para pelaut kehilangan arah. Mereka terpaksa harus menggunakan pengetahuan navigasi tradisional untuk bisa menjauh dari pulau berbahaya ini.


Jabuka Island


Sebenarnya Jabuka Island memiliki alam yang cantik, dengan laut berair sebening kristal dan kaya akan ikan. Namun, tidak ada yang tertarik untuk mendekati pulau ini. Bukan hanya takut akan fenomena magnetiknya, perairan di sekitar pulau juga memiliki arus yang kuat, ditambah kondisi cuaca yang sulit diduga dan mudah berubah secara tiba - tiba. Selain itu, daratan Jabuka Island juga sering tersambar petir akibat batuannya yang kaya akan besi.


Untungnya, Jabuka Island terletak jauh dari jalur pelayaran laut utama sehingga mengurangi resiko bertemu dengan kapal atau perahu di sekitarnya. Karena lokasinya yang terpencil, pulau ini relatif tidak tersentuh oleh aktivitas manusia, sehingga menjaga keindahannya yang liar dan terjal. Pulau ini berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi beragam kehidupan laut dan surga bagi mereka yang ingin menyelami keajaiban alam.


• Hutt Lagoon, Danau Berwarna Pink Seperti Sirup

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.