Burj Al Arab, Hotel Super Mewah Yang Dijuluki Hotel Bintang Tujuh Satu - Satunya Di Dunia

Burj Al Arab, Hotel Super Mewah Yang Dijuluki Hotel Bintang Tujuh Satu - Satunya Di Dunia


 Dubai terkenal dengan segala bentuk kemewahannya, dan hotel Burj Al Arab merupakan salah satu ikon yang mewakili kemewahan negara timur tengah tersebut. Dibangun di atas pulau buatan, hotel super mewah ini yang menawarkan aneka fasilitas dan layanan kelas satu. Karena kemewahannya itulah, hotel yang terletak di pusat kota Dubai ini mendapat predikat sebagai hotel bintang tujuh satu satunya di dunia. Meskipun tidak ada sistem peringkat bintang tujuh yang resmi untuk sebuah hotel, gelar tersebut menjadi bukti kemewahan dan kemegahan Burj Al Arab.

 

Sebagai ikon dari kemewahan kota Dubai, Burj Al Arab memiliki design yang sangat mengagumkan. Design hotel yang menyerupai layar sebuah perahu yang terkembang merupakan simbol dari arsitektur modern dan inovasi Dubai, berdiri tegak sebagai mercusuar kemewahan di cakrawala kota. Burj Al Arab didesign oleh Tom Wright, seorang arsitek dari perusahaan Atkins, sebuah perusahaan konstruksi, design, perencanaan, dan management proyek, asal UK.


Burj Al Arab, Ikon kemewahan Dubai

Burj Al Arab dibangun di atas pulau buatan, sekitar 280 m lepas pantai Jumeirah. Sebuah jembatan melengkung menghubungkannya dengan daratan. Sekitar 2.000 orang pekerja dikerahkan untuk membangun pulau buatan yang dimulai pada tahun 1994, dan membutuhkan waktu selama 3 tahun untuk menyelesaikannya. Bebatuan besar digunakan untuk menciptakan lapisan permukaan tanah dari pulau buatan, yang kemudian dilingkari dengan beton yang membentuk pola sarang lebah, untuk melindungi pondasi dari erosi. Selain itu, sebanyak 250 tiang beton sepanjang 45 m ditancapkan ke dalam pasir, untuk mengamankan pondasi.

 

Proses pembangunan hotel Burj Al Arab sendiri kurang dari 3 tahun. Bangunan hotel selesai pada tahun 1999, dan dibuka pada tanggal 1 Desember 1999. Pembangunan super mewah ini menelan biaya sekitar 1 milyar US dollar. Hotel yang dikelola Jumeirah Group ini memiliki tinggi 321 m, dan terdiri atas 59 lantai, 3 diantaranya terletak di bawah tanah. Lebih dari 28.000 lampu digunakan untuk pencahayaan, yang nantinya, akan menampilkan warna warni indah saat malam hari.


Burj Al Arab dibangun di atas pulau buatan


Hanya 28 lantai yang digunakan untuk kamar hotel, yang terdiri atas 202 suiteroom super mewah dengan pemandangan Teluk Arab yang mempesona. Menampilkan perpaduan design timur dan barat yang menawan, kemewahan masing - masing suite benar - benar melampaui ekspekstasi para wisatawan kelas atas yang terbiasa dengan segala kemewahan.  Ada 9 restoran dan bar mewah di hotel ini, termasuk Al Muntaha yang terletak di lantai 27, pada ketinggian 200 meter. Sebanyak 18 lantai berupa atrium, setinggi 180 meter. Diatas lantai 59, terdapat hellipad yang dirancang oleh arsitek asal Ireland, Rebecca Gernon.


Ada banyak fasilitas kelas satu yang ditawarkan Burj Al Arab. Para tamu dapat bersantai di infinity pool (kolam renang tanpa batas), menikmati terapi spa yang dipesan khusus, atau mengikuti kelas yoga dan kebugaran seraya menikmati panorama Teluk Arab. Bagi yang ingin relaksasi, Talise Spa di Burj Al Arab menawarkan tempat yang nyaman dan tenang. Spa mewah ini menawarkan serangkaian perawatan holistik, ritual hammam tradisional, dan fasilitas canggih untuk memanjakan tubuh dan pikiran.


Burj Al Arab Terrace


Di hotel super mewah ini terdapat Burj Al Arab Terrace (Teras Burj Al Arab) yaitu fasilitas hiburan pribadi luar ruangan seluas 10.000 m persegi dengan segala fasilitas mewahnya. Di lingkungan teras yang membentang hingga 100 m ke laut ini terdapat kolam renang, restoran, ruang cabana, dan pantai buatan untuk bersantai yang terdiri atas 1.000 ton pasir putih berkualitas tinggi dari Saudi Arabia. Dan salah satu fitur yang mengagumkan dari Burj Al Arab Terrace adalah infinity pool atau kolam renang tanpa batas. Ini bukanlah kolam renang biasa. Saat berenang di perairannya yang sebening kristal, kita akan merasa seolah-olah mengambang di ombak lembut Teluk Arab. Dengan desainnya yang tak bertepi, infinity pool yang terletak di lantai 18 Burj Al Arab ini berpadu mulus dengan hamparan langit, memberikan pengalaman berenang yang luar biasa, dimana para pengunjung merasa seolah melayang di atas laut diantara gumpalan awan.


Salah satu ciri khas Burj Al Arab adalah pilihan bersantapnya yang luar biasa, yang mencakup sembilan restoran dan bar andalan yang menawarkan beragam masakan dari seluruh dunia. Dari santapan mewah di Al Mahara, di mana Anda dapat bersantap di antara aquarium bawah air yang menakjubkan, hingga santapan santai di Scape Restaurant & Bar. Tim koki terdiri dari orang - orang yang tidak diragukan lagi keahliannya dalam mengolah hidangan berkelas, dan memberikan pengalaman bersantap yang tak terlupakan bagi para tamu. Setiap restoran atau bar menawarkan keunikan tersendiri yang tentunya dibalut dengan segala kemewahan yang menjadi ciri Burj Al Arab. Berikut kesembilan restoran dan bar yang ada di hotel Burj Al Arab : 


• Al Muntaha


Al Muntaha


Di restoran yang terletak di lantai 27 ini, pengunjung bisa menyaksikan keindahan Teluk Arab dan cakrawala Dubai sembari bersantap. Al Muntaha (The Ultimate) yang terletak pada ketinggian sekitar 200 m di atas permukaan laut ini benar - benar sesuai namanya. Dengan dekorasi yang mewah, restoran ini dilengkapi dengan jendela setinggi langit - langit dimana para tamu bisa melihat keindahan langit Dubai. Al Muntaha menawarkan masakan Eropa kontemporer dengan sentuhan sentuhan Timur Tengah, Dari foie gras terrine hingga tenderloin daging sapi Wagyu.


• Al Mahara


Al Mahara


Restoran unik ini menawarkan pengalaman bersantap yang tidak terlupakan bagi siapapun, dimana tempat bersantap dikelilingi oleh aquarium yang penuh dengan pemandangan kehidupan laut yang memukau. Restoran hidangan laut ini terkenal dengan hasil tangkapan segar dan hidangan inovatif, seperti kepiting raja khas Alaska atau Dover sole meunière.


• Sahn Eddar

Untuk pengalaman bersantap yang lebih santai, pengunjung bisa mengunjungi yang menawarkan pilihan makanan ringan dan minuman. Para tamu bisa bersantai sambil menikmati secangkir teh dan kue kering dengan alunan musik live dan pemandangan atrium hotel yang menakjubkan.


• Al Iwan

Sesuai dengan namanya yang berarti 'Aula Kerajaan', merupakan sebuah restoran mewah yang menyajikan masakan tradisional Arab, seperti, biryani, lamb ouzi, dan mezze Arab.


• Junsui

Restoran masakan Jepang dengan design minimalis dan suasana seperti Zen menciptakan lingkungan makan yang tenang yang melengkapi seni masakannya, seperti sushi, sashimi, teppanyaki dan robatayaki.


• Bab Al Yam

Restoran yang berarti 'Gerbang ke Laut' ini terletak di lantai dasar Burj Al Arab, Bab Al Yam menawarkan pengalaman bersantap tepi pantai yang santai dengan pemandangan Teluk Arab yang indah. Pengunjung bisa memilih untuk bersantap di dalam ruangan berAC atau di udara terbuka, keduanya sama - sama menawarkan pemandangan mempesona sambil menikmati hidangan lezat. Bab Al Yam menyajikan makanan laut panggang, steak, aneka salad, dan pizza yang dipanggang dengan kayu bakar.


• Scape Restaurant & Bar

Terletak di teras Burj Al Arab, Scape menawarkan perpaduan unik masakan California dengan sentuhan cita rasa Timur Tengah, mulai dari taco lobster yang menggugah selera hingga daging sapi wagyu yang lezat.


• Gold on 27

Bar mewah yang terletak di lantai 27 Burj al Arab ini semakin mengukuhkan citra Burj Al Arab sebagai hotel super mewah di dunia. Seperti namanya, bar ini memang dihiasi dengan warna emas, mulai dari dinding hingga perabotannya, menciptakan suasana glamor dan mewah. Para tamu dapat menikmati beragam pilihan minuman premium dan koktail, semuanya disajikan dalam peralatan gelas berlapis emas yang indah.


• Skyview Bar & Restaurant

Disini para pengunjung bisa merasakan kuliner lezat sembari menikmati panorama yang menakjubkan dari lantai 27 Burj Al Arab. Restoran ini menawarkan beragam pilihan hidangan yang menggugah selera, mulai dari steak lezat hingga hidangan laut segar.


Burj Al Arab pada malam hari

• Dubai Miracle Garden, Surga Botani Di Tengah Gurun Pasir


• Dubai Butterfly Garden, Taman Kupu - Kupu Di Tengah Gurun Pasir


• Rainbow Bridge, Pelangi Malam Di Tokyo

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.