Dubai Miracle Garden, Surga Botani Di Tengah Gurun Pasir

Dubai Miracle Garden, Surga Botani Di Tengah Gurun Pasir

 Terletak di jantung gurun pasir yang terik, terdapat salah satu taman bunga paling menakjubkan di dunia, Dubai Miracle Garden. Taman bunga berbentuk melingkar seluas 72.000 m² yang terletak di distrik Dubailand, Dubai ini, sempat tercatat sebagai taman bunga vertikal terbesar di dunia. Dubai Miracle Garden benar-benar surga botani yang luar biasa, dengan jutaan bunga cerah menciptakan kaleidoskop warna yang akan membuat siapapun terkagum - kagum.

 

Begitu memasuki Dubai Miracle Garden para pengunjung akan disambut oleh lautan bunga yang mempesona, memanjakan indera penglihatan. Dari mawar merah cerah hingga bunga tulip berwarna merah muda yang lembut. Udara dipenuhi oleh aroma menyegarkan dari bunga mawar, tulip, petunia, marigold, dan aneka varietas bunga yang tak terhitung jumlahnya. Di Dubai Miracle Garden terdapat lebih dari 50 juta bunga dan sekitar 250 juta tanaman lainnya. Pepohonan yang tinggi dan rimbun ditanam disekeliling taman yang berbentuk lingkaran. Merupakan taman bunga mekar terbesar di dunia saat ini, dimana ada 50 juta bunga yang mekar sekaligus. Dubai Miracle Garden selalu mempertahankan jumlah bunga yang mekar, sebanyak 50 juta bunga. Meski demikian, bukan berarti hanya ada 50 juta bunga yang mekar di taman ini, angka tersebut hanyalah jumlah minimal, karena jumlah bunga mekar yang sesungguhnya bisa lebih dari 150 juta bunga.


Dubai Miracle Garden, keajaiban gurun pasir


Ada sekitar 70 spesies bunga dan lebih dari 150 sub-spesies bunga di taman ini, dimana sebagian besar didominasi oleh spesies bunga petunia. Dominasi petunia bukannya tanpa alasan, karena bunga jenis ini merupakan pilihan terbaik untuk membentuk tema bunga. Bunga matahari menempati urutan kedua sebagai bunga paling dominan di Dubai Miracle Garden. Sekitar 90% dari bunga - bunga mekar berasal dari spesies bunga petunia dan bunga matahari, sisanya berupa marigold, geranium, coleus, viola, melati, aster, snapdragons, mawar (rose), dan lain - lain.


Dubai Miracle Garden


Bunga - bunga aneka jenis tersebut diatur dalam pola - pola tertentu, sehingga nampak begitu cantik. Rangkaian bunga tersebut didesign membentuk berbagai jenis hewan berukuran besar, rumah, kastil dalam dongeng, mobil, pesawat, terowongan, hingga patung manusia dan aneka karakter komik. Setiap kreasi dibuat dengan cermat menggunakan ribuan bunga asli. Terdapat sekitar 1.000 tema bunga di Dubai Miracle Garden, sebagian daripadanya merupakan mega struktur. Berbagai tema bunga tersebut selalu berubah seiring waktu. Tujuannya, agar pengunjung tidak menjadi bosan melihatnya.


Tema bunga Airbus A380 di Dubai Miracle Garden


Topiary tertinggi di Dunia


Salah satu tema bunga berbentuk pesawat Emirates Airbus A380, tercatat sebagai rangkaian bunga terbesar di dunia pada 2 Desember 2016. Tema bunga ini dibuat sesuai ukuran aslinya, dan melibatkan lebih dari 500.000 bunga segar. Struktur atau tema bunga lainnya berupa patung mickey mouse setinggi 18,06 m, tercatat sebagai struktur topiary tertinggi di dunia pada 25 February 2018. Patung seberat hampir 35 ton ini, terbentuk dari rangkaian sekitar 100.000 tanaman dan bunga.

 

Taman bunga yang dikelola oleh Cityland Real Estate Development ini, dibuka pada tanggal 14 February 2013, tepat di hari valentine. Karena hari ulang tahunnya bertepatan dengan hari Valentine, Dubai Miracle Garden disebut sebut sebagai taman bunga paling romantis di dunia. Dubai Miracle Garden merupakan proyek kerjasama antara Dubailand dan Dubai Properties Group dengan Akar Landscaping and Agriculture Company, sebuah perusahaan pertamanan dan pertanian yang dipimpin oleh pengusaha asal Jordan (Yordania) Abdel Nasser Rahhal. Mega Proyek senilai US$ 11 juta ini dibangun dalam beberapa tahap, dimana tahap pertama pembangunan taman seluas 2.000 m² berhasil diselesaikan pada bulan Februari 2013. Perluasan Dubai Miracle Garden dimulai pada pertengahan bulan Juni 2013 dan selesai pada bulan Oktober 2013, sehingga luas taman mencapai 72.000 m², tidak termasuk tempat parkir bertingkat seluas 79.000 m².


Dubai Miracle Garden, taman bunga di tengah gurun pasir


Total luas kompleks Dubai Miracle Garden mencapai 190.000 m², termasuk Dubai Butterfly Garden seluas 6.673 m², tempat parkir mobil gratis dan VIP (berbayar), masjid, toko ritel, dan jam bunga. Dubai Miracle Garden juga merupakan rumah bagi berbagai kafe dan toko menawan tempat para pengunjung dapat bersantai dan melepas penat. Disini, pengunjung bisa memanjakan diri dengan minuman menyegarkan atau menikmati hidangan lezat dikelilingi keindahan bunga - bunga yang menyejukkan pandangan.

 

Untuk merawat bunga - bunga dan aneka tanaman di Dubai Miracle Garden, diperlukan sekitar 200.000 galon air per hari, atau setara dengan 757.082 liter. Air tersebut diperoleh dari air limbah yang kemudian diolah kembali, sehingga menjadi air bersih yang dapat digunakan untuk keperluan perawatan taman. Penyiraman tanaman di Dubai Miracle Garden dilakukan pada malam hari setelah tutup. Pada waktu ini para petugas taman juga akan melakukan perawatan, seperti memangkas tanaman maupun melakukan penanaman, dan memastikan setiap lahan yang kosong telah terisi oleh bunga atau tanaman lainnya.


Taman Payung, Dubai Miracle Garden

Taman bunga di kawasan gurun pasir, benar - benar suatu pemandangan yang kontras. Tetapi, inilah keajaiban Dubai, tidak ada yang mustahil bagi negara di tengah gurun pasir ini. Termasuk menyulap gurun pasir yang kering dan panas, menjadi sebuah taman yang elok memukau. Dubai Miracle Garden buka dari akhir September hingga akhir April, menjadikannya destinasi sempurna untuk liburan musim dingin. Taman akan buka setiap hari dari Senin - Jumat antara jam 09.00 - 21.00 waktu setempat. Sedang pada hari libur, yaitu Sabtu dan Minggu, Dubai Miracle Garden akan buka dari jam 09.00 - 23.00 waktu setempat. Taman ini mudah diakses dengan transportasi umum atau mobil, dan tersedia tempat parkir yang luas untuk para pengunjung. Untuk mengunjungi Dubai Miracle Garden, para pengunjung bisa memilih menggunakan Dubai Metro, RTA bus, maupun taksi.ntuk mengunjungi Dubai Miracle Garden, para pengunjung bisa memilih menggunakan Dubai Metro, RTA bus, maupun taksi.




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.