Dubai Butterfly Garden, Taman Kupu - Kupu Di Tengah Gurun Pasir

Dubai Butterfly Garden, Taman Kupu - Kupu Di Tengah Gurun Pasir


 Taman yang dipenuhi kupu - kupu dan berada di gurun pasir! Kedengarannya aneh! Namun, bagi negara seperti Dubai, yang terkenal dengan arsitektur futuristiknya, ini bukanlah hal yang mustahil. Terletak di Gurun Arab (Arabian Desert) yang tandus, Dubai Butterfly Garden adalah rumah bagi ribuan kupu - kupu yang terletak tepat disebelah taman bunga paling romantis Dubai Miracle Garden. Sama sama berada di gurun pasir yang gersang, Dubai Butterfly Garden yang dibuka sejak tahun 2015, tidak kalah menakjubkan dari Dubai Miracle Garden.


Dubai Butterfly Garden, Dubai


Dubai Butterfly Garden terletak di kawasan Dubailand, Al Barsha South 3, Dubai. Taman kupu - kupu ini terdiri atas sepuluh kubah, dimana sembilan kubah yang lebih kecil diatur dalam pola melingkar mengelilingi kubah ke sepuluh yang merupakan kubah terbesar. Bagian dalam maupun luar kubah dipenuhi ribuan tanaman dan bunga aneka warna, yang memanjakan mata para pengunjung. Luas keseluruhan dari Dubai Butterfly Garden adalah 6.673 m persegi, merupakan taman kupu kupu dalam ruangan terbesar yang berada di kawasan gurun pasir.


Dubai Butterfly Garden (Taman Kupu - Kupu Dubai)


Desain taman ini menampilkan keahlian dan pengetahuan para ahli hortikultura yang berdedikasi untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi makhluk halus ini. Vegetasi yang subur, beragam spesies tanaman, dan lanskap yang dikurasi dengan cermat menyediakan habitat ideal bagi kupu-kupu. Setiap bunga dan tanaman memiliki kegunaannya masing-masing, baik sebagai sumber nektar bagi kupu-kupu maupun sebagai tanaman inang bagi larvanya. Suhu di dalam lingkungan kubah selalu dijaga ketat, agar tetap stabil sepanjang tahun, yaitu antara 18 hingga 24° C. Hal ini sangat penting untuk memberi lingkungan yang nyaman bagi kupu - kupu dan tanaman yang ada di dalamnya. Perhatian terhadap detail ini menghasilkan ekosistem harmonis yang mendukung seluruh siklus hidup makhluk cantik ini. 


Dubai Butterfly Garden, Dubai


Saat melangkah memasuki Dubai Butterfly Garden pengunjung seakan dibawa memasuki dunia para peri yang asing namun indah menyegarkan. Tanaman yang subur menghijau, bunga - bunga aneka warna yang bermekaran menebar aroma menyegarkan, suara kepakan sayap kupu - kupu maupun sentuhan lembut hewan mungil ini yang hinggap di tangan atau bahu. Sebuah kolam ikan koi turut melengkapi keindahan surga kupu - kupu ini. Di Dubai Butterfly Garden terdapat sekitar 15.000 kupu - kupu yang mewakili 50 spesies kupu - kupu dari seluruh dunia. Diantaranya ada kupu - kupu monarch, common sergeant, blue morpho, white angled sulphur, one spotted prepona, dan swallowtail. Masing - masing spesies memberikan pesona dan keindahan tersendiri pada taman kupu - kupu dalam ruangan ini.


Surga Kupu - Kupu Dubai Butterfly Garden


Dubai Butterfly Garden bukan hanya sekedar taman hiburan, tapi juga memberikan edukasi kepada para pengunjung tentang kehidupan kupu - kupu dan peranan mereka bagi keseimbangan alam. Dubai Butterfly Garden menawarkan kesempatan untuk menyaksikan siklus hidup ajaib serangga menakjubkan ini dari dekat. Saat berjalan-jalan di taman, para pengunjung dapat mengamati kupu-kupu dalam semua tahap metamorfosis, mulai dari telur kecil, hingga ulat rakus yang nantinya melalui tahap kepompong akan bertransformasi menjadi kupu-kupu yang cantik. Para pengunjung bisa melihat kebiasaan makan kupu - kupu, tanaman yang menjadi sumber nektar yang merupakan makanan bagi mereka, dan banyak lagi.


Dubai Butterfly Garden


Selain mengamati kupu - kupu hidup dari dekat, pengunjung juga bisa melihat berbagai spesies kupu - kupu langka yang telah diawetkan di Museum Kupu - kupu yang terdapat di Dubai Butterfly Garden. Semua pengalaman yang di dapat dari Dubai Butterfly Garden diharapkan dapat menginspirasi para pengunjung guna ikut melestarikan kupu - kupu dan habitat alami mereka yang semakin sempit. Hal ini penting agar hewan bersayap cantik ini tidak punah dari muka Bumi.


• Rainbow Bridge, Pelangi Malam Di Tokyo


• Menara Kembar Petronas, Bangunan Kembar Tertinggi Di Dunia


• Burj Al Arab, Hotel Super Mewah Yang Dijuluki Hotel Bintang Tujuh Satu - Satunya Di Dunia


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.