Menara Kembar Petronas, Bangunan Kembar Tertinggi Di Dunia

Menara Kembar Petronas, Bangunan Kembar Tertinggi Di Dunia


 Menara Kembar Petronas di Malaysia sempat menjadi menjadi gedung tertinggi di dunia sebelum dikalahkan oleh gedung Taipei 101. Meski demikian, Menara Kembar Petronas masih memecahkan rekor sebagai Bangunan Kembar Tertinggi di Dunia. Petronas Twin Towers (Menara Kembar Petronas) atau terkadang hanya disebut Petronas Towers, dikenal juga dengan nama KLCC Towers. KLCC adalah singkatan dari Kuala Lumpur City Center, berasal dari nama perusahaan investasi properti asal Malaysia, KLCC Holdings Sdn Bhd, yaitu nama dari perusahaan pemilik Petronas Towers. Menara Kembar Petronas digunakan sebagai pusat perkantoran. Menara pertama digunakan oleh perusahaan minyak asal Malaysia, Petronas. Menara kedua disewa oleh banyak perusahaan dari berbagai negara.


Menara Kembar Petronas (KLCC Tower)


Menara kembar yang terletak di ibukota Malaysia, Kuala Lumpur ini, memiliki ketinggian 451,9 meter. Terdiri dari 88 lantai, dengan 5 lantai diantaranya berada di bawah tanah. Lantai bawah tanah tersebut berfungsi sebagai tempat parkir, dan layanan mekanik. Masing masing Menara Petronas dilengkapi 38 buah elevator. Tinggi kedua menara dari dasar hingga puncak gedung adalah 405,9 m, ditambah dengan antena setinggi 46 m di puncak gedung, sehingga total ketinggian Menara Kembar Petronas mencapai 451,9 m.


Petronas Skybridge


Setiap menara memiliki bobot sekitar 300.000 ton. Total luas lantai masing masing menara adalah sebesar 36.455 m², termasuk pavilliun melingkar tambahan setinggi 44 lantai. Menara Kembar Petronas memiliki area bangunan seluas 395.000 m², dengan ruang kosong yang luasnya sekitar 213.750 m². Kedua menara Petronas dihubungkan oleh jembatan gantung atau skybridge sepanjang 58,4 meter, pada ketinggian 170 meter, tepatnya di lantai 41 dan 42. Skybridge yang menghubungkan kedua menara Petronas tercatat sebagai skybridge tertinggi di dunia.


Petronas Twin Towers


Dalam hal konstruksi Menara Kembar Petronas juga mencatatkan prestasi tersendiri. Pondasi Menara Kembar Petronas yang sangat dalam hingga mencapai kedalaman 120 meter, tercatat sebagai pondasi terdalam di dunia untuk sebuah bangunan. Perencanaan pembangunan gedung yang menjadi landmark kota Kuala Lumpur, Malaysia ini, dimulai pada 1 January 1992, sedang pembangunannya sendiri dimulai pada 1 Maret 1993. Pembangunan kedua Menara Petronas selesai pada tahun 1996, dan diresmikan pada tanggal 31 Agustus 1999, oleh Perdana Menteri Malaysia, Tun Dr. Mahathir bin Mohamad.


Taipei 101


Selesainya pembangunan Petronas Twin Towers pada tahun 1998 telah mengakhiri status Willis Tower atau Sears Tower sebagai gedung tertinggi di dunia sejak tahun 1973 hingga 1998. Sayangnya, pada tahun 2004, Taipei 101, gedung pencakar langit setinggi 508,2 yang terletak di Taipei, Taiwan, berhasil menggeser posisi Petronas Twin Towers sebagai gedung tertinggi di dunia. Meski telah kehilangan mahkota juara sebagai gedung tertinggi di dunia, Petronas Twin Towers masing memegang 3 rekor dunia yang belum terpecahkan, yaitu; bangunan kembar tertinggi di dunia, skybridge tertinggi di dunia, dan pondasi terdalam di dunia untuk sebuah bangunan.


Petronas Towers di rancang oleh arsitek asal Argentina, Cesar Pelli. Pembangunannya menghabiskan biaya sebesar 1,6 milyar US dollar. Proyek Pembangunan kedua menara Petronas dilakukan oleh dua konsorsium kontraktor yang berbeda. Menara pertama, dibangun oleh konsorsium Mayjaus Joint Venture, dipimpin Hazama Corporation dari Japan, terdiri dari JA Jones Construction Co, MMC Engineering Services Sdn Bhd, Ho Hup Construction Co. Bhd, dan Mitshubishi Corporation. Menara kedua, dibangun oleh konsorsium Joint Venture SKJ, dipimpin oleh Samsung Construction and Trading Corporation (Samsung C&T Corporation) dari South Korea, terdiri dari Kukdong Engineering & Construction, dan Syarikat Jasatera Sdn Bhd.


• Burj Al Arab, Hotel Super Mewah Yang Dijuluki Hotel Bintang Tujuh Satu - Satunya Di Dunia


• Dubai Miracle Garden, Surga Botani Di Tengah Gurun Pasir


• Dubai Butterfly Garden, Taman Kupu - Kupu Di Tengah Gurun Pasir


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.